400 Ribu Anak Miskin Bisa Kuliah Gratis

400 Ribu Anak Miskin Bisa Kuliah Gratis

400 Ribu Anak Miskin Bisa Kuliah Gratis

Sebanyak 400 ribu anak miskin bisa merasakan ku­liah gratis lewat skema pembiayaan Kartu Indonesia Pintar

(KIP) kuliah. Kebijakan ini akan diberlakukan mu­lai 2020.

Menurut Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, tahun ini sudah diputuskan beasiswa bagi anak miskin yang lanjut ke pergu­ruan tinggi sebanyak 130 ribu. ”Angka ini bertambah menjadi 400 ribu lewat mekanisme KIP kuliah,”terang Nasir usai menghadiri sidang paripurna pe­netapan UU Sistem Nasional Iptek di gedung DPR RI, Selasa (16/7).

Nasir mengungkapkan, Presiden Joko Widodo menargetkan hingga 2024 ada 2 juta

anak miskin bisa melanjutkan studinya ke perguruan tinggi lewat KIP Kuliah. Itu sebabnya mulai 2020 pe­merintah akan memberikan KIP Ku­liah bagi 400 ribu anak miskin.

Nasir menjelaskan, KIP Kuliah ini merupakan gabungan dari beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa miskin seperti bidikmisi dan program lainnya. Syarat mendapatkan KIP kuliah tidaklah sulit. Begitu dinyata­kan lulus tes masuk perguruan ting­gi, baik negeri maupun swasta dan diterima, calon mahasiswa langsung dibiayai pemerintah.

”Anak-anak yang mendapat KIP di SMA yang ingin kuliah bisa. Caranya, ikut seleksi di PTN

maupun PTS. Be­gitu diterima langsung dibiayai. Ting­gal lapor, punya KIP,” terangnya. Un­tuk anggaran KIP kuliah tahun per­tama, menurut Nasir, diberikan tam­bahan Rp2,6 triliun.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/3B9QQCH