Contoh, Pengertian Makna Menurut Para Ahli

Contoh, Pengertian Makna Menurut Para Ahli

Contoh, Pengertian Makna Menurut Para Ahli

Pengertian Makna

Makna adalah hubungan antara simbol suara dengan referensi. Berarti bentuk stimulus yang memunculkan respon dari pelaku dalam komunikasi sesuai dengan asosiasi dan hasil belajar yang dimiliki.

Ucapan manusia menyiratkan utuh. Keutuhan berarti bahwa itu adalah kombinasi dari empat aspek, yaitu perasaan (feeling), nada (tone), dan mandat (kebesaran). Memahami bahwa aspek di seluruh konteks adalah bagian dari upaya untuk memahami makna dalam komunikasi.

Pengertian Makna Menurut Para Ahli

Menurut Ferdinand de Saussure ( dalam Abdul Chaer, 1994:286)

Mengungkapkan gagasan makna sebagai makna atau konsep yang dimiliki atau yang terkandung dalam tanda linguistik.

Menurut Mansoer Pateda (2001:79)

Menunjukkan bahwa makna istilah adalah kata-kata dan istilah yang membingungkan. Makna selalu tertanam dalam kata atau frase yang diucapkan.

Menurut Aminuddin (1998:50)

Berargumen bahwa makna hubungan antara dukungan bahasa dengan bahasa eksternal disepakati oleh pengguna sehingga dukungan bahasa yang saling dimengerti.

MenurutBloomfied (dalam Abdul Wahab, 1995:40)

Mengemukakan bahwa makna adalah bentuk bahasa yang harus dianalisis dalam batas-batas unsur-unsur penting dari situasi di mana mengujarnya speaker.

Menurut Ullman (dalam Mansoer Pateda, 2001:82)

Mengemukakan bahwa makna adalah hubungan antara makna gagasan.

Perubahan Makna Dan Contohnya

Generalisaai

Generalisasi atau perpanjangan makna adalah sesuatu arti yang lebih luas dari kata berasal dari. Contoh: presiden, Ayah, Ibu, Anak, Saudara, dll

Spesialisasi

Spesialisasi atau penyempitan makna adalah sesuatu arti sempit kata berasal dari. Contoh: Madrasah, Guru, Providence, Sarjana Bapa, Sastra, dll

Ameliorasi

Perbaikan atau peningkatan makna arti kata yang terasa lebih tinggi dari nilai rumah mereka. Contoh: Wanita, Pria, istri, teman, dll

Peyorasi

Peroyasi atau mengurangi makna arti kata-kata yang rasanya nilai lebih rendah dari kata sebelumnya. Contoh: Perempuan, Laki-laki, Bini, wanita, misoa, kroni, dan sebagainya.

Macam-Macam Makna

Makna Leksikal

Makna leksikal adalah makna dari sebuah kata atau leksem sebagai simbol benda, peristiwa, benda, dan lain-lain. Makna ini dimiliki unsur bahasa lepas dari penggunaan atau konteks. Contoh:

Kata tikus yang berarti “hewan pengerat yang dapat menyebabkan tifus”. Makna ini akan menjadi jelas dalam kalimat berikut. Kucing makan tikus mati.

Makna Langsung, konseptual atau denotatif

Makna langsung, makna konseptual atau denotatif dari kata atau leksem berdasarkan penunjukan langsung (direct) dalam atau di luar bahasa objek. Arti penting langsung atau langsung adalah tujuan, karena langsung menunjuk objek.

Makna Kiasan atau asosiatif

Makna kiasan atau asosiatif adalah makna dari sebuah kata atau leksem berdasarkan perasaan atau pikiran yang muncul di penyapa manusia dan dibahas. Makna ini muncul sebagai akibat asosiasi perasaan pembicara terhadap leksem diucapkan atau didengar.

Makna Struktural

Makna struktural adalah makna yang timbul sebagai akibat dari hubungan antara unsur-unsur satu bahasa ke bahasa unsur lain dalam unit yang lebih besar, baik yang berkaitan dengan unsur atau elemen phatic musis.

Elemen Phatic adalah elemen yang membentuk morfem segmental, kata, frase, klausa, dan kalimat, sedangkan elemen musis adalah unsur bahasa yang terkait dengan supra-segmental seperti irama, jeda, penekanan dan nada. Berarti terkait dengan unsur-unsur struktural phatic disebut makna gramatikal, sedangkan terkait dengan unsur-unsur musis disebut makna tematik.

Makna Gramatikal

Makna gramatikal adalah makna yang timbul sebagai akibat dari hubungan antara unsur-unsur tata bahasa dalam unit tata bahasa yang lebih besar. Misalnya, morfem hubungan dan morfem dalam kata, kata dan kata-kata lain dalam kalimat atau klausa, frase dan frase dalam klausa atau kalimat.

Makna Tematis

Makna tematis adalah makna yang timbul penyapa penekanan atau fokus pembicaraan pada satu elemen dari sebuah kalimat.

Sumber : https://pensil.co.id/