Daftar Aplikasi Android yang Mendukung Tema Gelap atau Dark Mode

Daftar Aplikasi Android yang Mendukung Tema Gelap atau Dark Mode

 

Daftar Aplikasi Android yang Mendukung Tema Gelap atau Dark Mode
Daftar Aplikasi Android yang Mendukung Tema Gelap atau Dark Mode

Google menghadirkan fitur dark mode di Android 10 agar mata pengguna tak cepat lelah saat menatap layar

smartphone dalam waktu lama. Meski Android 10 masih belum tersedia secara luas, sudah banyak aplikasi Android yang mendukung tema gelap.

Berikut beberapa aplikasi untuk smartphone Android yang telah mendukung dark theme atau tema gelap yang dapat diaktifkan secara manual.

1. Gmail

Aplikasi Gmail untuk Android belum lama ini telah mendapat update yang salah satunya menghadirkan tema gelap. Cara mengaktifkannya cukup mudah, yakni tap menu pada sudut kanan atas, pilih Settngs > General Settings > Theme > tap Dark.

Sebagai informasi, tema gelap di Gmail sebagaimana dilaporkan CNET dikutip Senin (16/9/2019), baru tersedia terbatas. Artinya, kemungkinan besar masih dalam uji coba atau dalam tahap pengembangan (beta) bagi smartphone non-Android 10.

2. YouTube

YouTube sudah lama mendukung fitur dark theme. Cara mengaktifkannya cukup mudah, yakni jalankan aplikasi YouTube kemudian tap pada avatar pengguna > Settings > General > Dark theme.

3. AccuWeather

Aplikasi informasi dan perkiraan cuaca AccuWeather juga telah mendukung tema gelap. Cara mengaktifkan fitur ini dengan tap menu tiga titik, pilih Settings > Theme > tap Dark Theme.

4. Microsoft Edge

Peramban andalan Microsoft ini telah tersedia fitur tema gelap untuk aplikasi di platform Android. Fitur ini dapat diaktifkan melalui menu Settings > Appearance > Theme > Dark.

5. Facebook Messenger

Aplikasi pesan instan buatan Facebook ini dalam cara mengaktifkan dark theme cukup tap pada ikon chat head kemudian aktifkan fitur Dark Mode.

6. Gboard

Gboard adalah aplikasi keyboard default di smartphone Android. Aplikasi ini sudah mendukung dark theme yang dapat diaktifkan dengan cara tap ikon gear pada bagian atas keyboard, kemudian pilih Theme, dan aktifkan Dark Theme.

7. Google Calendar

Aplikasi Google Calendar juga dapat didukung tema gelap yang dapat diaktifkan secara manual dengan cara akses Settings > General > Theme, kemudian pilih Dark.

8. Google Keep

Aplikasi note andalan Google, yakni Keep, juga sudah mendukung dark theme. Fitur ini dapat diaktifkan dengan cara mengakses Settings > Enable Dark Theme.

9. Google News

Bagi pengguna yang gemar membaca berita melalui Google News, dapat mengaktifkan tema gelap dengan cara tap bagian user profile, pilih Settings, dan aktifkan Dark Theme.

10. Messages

Mengatur tema gelap di Messages juga cukup mudah, yakni dengan tap menu tiga titik kemudian pilih Enable Dark Theme dari menu drop-down.

11. Twitter

Aplikasi Twitter sudah lama mendukung fitur dark theme. Cara mengaktifkan dengan tap ikon profil > Settings and Privacy > Display and sound > Display and sound > Dark mode.

Sumber:

https://haciati.co/karma-incarnation-apk/