Fungsi Sabuk Pengaman

Table of Contents

Fungsi Sabuk Pengaman

Fungsi Sabuk Pengaman

Sabuk Keselamatan

Sabuk pengaman ialah sebuah alat yang dibuat untuk melindungi seorang penumpang (pengendara) mobil atau kendaraan lainnya agar tetap di tempat apabila terjadi tabrakan atau kecelakaan.

Lembam yang sangat luar biasa bisa terjadi karna tabrakan kendaraan atau pengereman darurat secara mendadak (spontan) bisa menyebabkan pengendara dan penumpang terbentur benda-benda di dalam kendaraan, seperti stir, roda kemudi,kaca depan atau sandaran punggung itu sendiri. Sabuk pengaman dapat membantu menahan pengendara tetap di kursinya. Selain itu juga, fungsi penyangga dari sabuk pengaman bias mengurangi tingkat cedera pada pengendara atau pun penumpang itu sendiri.

Sabuk pengaman sangat banyak manfaatnya dan kegunaannya seperti, saat terjadi kecelakaan dapat mengurangi Resiko benturan serta Sabuk Pengaman itu menjaga anda dan Bukan untuk membatasi.

Kegunaan dan manfaat Sabuk Pengaman :

1. Mencegah dan mengurangi Resiko Kecelakaan

2. Mencegah pengemudi membentur Kaca Depan pada saat terjadi Kecelakaan

3. Mencegah pengemudi untuk terbentur ke stir/ roda kemudi

4. Mencegah dan mengurangi Resiko Terlempar dan mencegah membentur Dasbor Mobil

Tips mencegah terjadi kesalahan saat memakai sabuk pengaman :

– Pastikan semua tali sabuk pengaman tidak melintir dan posisinya rata tubuh (tidak longgar atau terlalu kencang).

– Selanjutnya tekan piringan lidah sabuk pengaman ke dalam pengait sampai benar-benar terkunci dengan baik. Sebagian besar perangkat ini akan segera mengeluarkan bunyi (klik) bila piringan telah benar-benar terkait dengan baik.

Baca Juga :