INTJ, Introverted Intuition

INTJ, Introverted Intuition

INTJ, Introverted Intuition

Kali ini saya ingin membahas sedikit tentang INTJ

yang merupakan salah satu tipe dari MBTI atau Myers Briggs Type Indicator. MBTI ini merupakan sebuah kusionaer psikometri atau tes psikologi untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam memandang dunia serta membuat keputusan. Preferensi ini adalah ekstrapolasi dari teori tipologi oleh Carl Gustav Jung , yang dipublikasikan dalam bukunya 1921 Psychological Types (edisi bahasa Inggris, 1923). Kemudian teori tersebut dikembangkan kembali oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Cook Briggs.

 

Mereka mulai menciptakan indikator selama Perang Dunia II

percaya bahwa pengetahuan tentang preferensi kepribadian akan membantu untuk mengidentifikasi jenis pekerjaan waktu perang di mana mereka akan merasa “paling nyaman dan efektif”.

 

Kembali ke INTJ yang merupakan singkatan dari Introvert Intuitive Thinking

Judge, termasuk kedalam kuadran Rational. Orang dengan tipe kepribadian INTJ cenderung adalah orang yang introspektif, analitikal, determined (bertujuan jelas). Mereka lebih senang berada di balik layar saat memimpin. Kebanyakan mereka berfikir dengan menempatkan diri mereka dalam berbagai sudut pandang untuk membuat suatu keputusan dan memproduksi banyak pilihan alternatif.

Mereka mencoba untuk mengantisipasi setiap kemungkinan, tidak pernah mengerjakan sesuatu tanpa rencana yang matang dalam pikiran, tetapi mereka selalu siap untuk beralih ke rencana B atau C atau D jika perlu.

Kelemahan dari tipe ini diantaranya sikap tak pernah puas dan cenderung sulit memaafkan diri sendiri. Mereka juga bisa menjadi sangat kejam, terlalu banyak menuntut, dan mudah kehilangan kendali emosi.

Mereka tidak ingin mengambil alih komando dan lebih memilih untuk tinggal di latar belakang sampai lain menunjukkan ketidakmampuan mereka untuk memimpin, dan kebanyakan dari mereka memiliki kemampuan leadership alami (natural leadership ability).

Tipe ini cukup langka, total populasinya hanya sekitar 1.5% dengan persentase laki-laki 2.5% dan perempuan 0.5%

Sumber : https://pengajar.co.id/