Jadwal Update Android 10 Smartphone Realme Digulirkan Mulai 2020

Jadwal Update Android 10 Smartphone Realme Digulirkan Mulai 2020

 

Jadwal Update Android 10 Smartphone Realme Digulirkan Mulai 2020
Jadwal Update Android 10 Smartphone Realme Digulirkan Mulai 2020

Realme telah mengumumkan jadwal update Android 10 untuk beberapa smartphone-nya, dari Realme 2 Pro hingga Realme XT, yang akan bergulir mulai kuartal pertama (Q1) 2020.

Dengan demikian, pengguna smartphone Realme harus sedikit bersabar, lantaran update itu tak dapat dinikmati sekarang. Adapun Android 10 sendiri resmi ‘disebar’ Google pada awal bulan ini.

Sesuai janji, berikut ini roadmad update Android 10 untuk smartphone Realme,” tulis Realme di akun Twitter resmi perusahaan, @Realmemobiles, pekan lalu.

Dari twit itu diketahui bahwa ada 8 smartphone Realme yang bakal kebagian Android 10, dengan jadwal update secara bertahap dibagi dalam 3 periode, yakni sebagai berikut:

Q1: Realme 3 Pro, Realme 5 Pro, Realme X, Realme XT
Q2: Realme 3, Realme 5, Realme 3i
Q3: Realme 2 Pro

Dari daftar di atas, tak hanya smartphone Realme terbaru yang menerima update Android 10, misalnya Realme 2 Pro, yang meluncur pada September 2018. Sementara untuk ponsel terkini yang menerima pembaruan salah satunya Realme XT, yang baru saja dirilis pada pekan lalu.

Baca juga: Realme XT Meluncur dengan Kamera 64MP, Harga Mulai Rp3 Jutaan

Fitur Android 10

Android 10, semula bernama Android Q, resmi ‘disebar’ Google pada 4 September 2019 usai melewati beberapa tahap beta. Adapun generasi ke-10 sistem operasi Android ini pertama kali diperkenalkan pada Mei lalu saat Google menggelar konferensi pengembang tahunan, Google I/O 2019.

Sebagai informasi, Google tak lagi memilih nama sandi Android dari nama makanan pencuci mulut lantaran dinilai asing untuk sebagaian kalangan.

“Misalnya, L [Lollipop] dan R tidak dapat dibedakan saat diucapkan dalam beberapa bahasa. Jadi ketika beberapa orang mendengar kami mengatakan Android Lollipop dengan keras, tidak secara intuitif jelas bahwa itu merujuk ke versi setelah KitKat,” penjelasan Google.

Berikut 10 fitur unggulan Android 10

1. Tema Gelap

Dark theme atau tema gelap dihadirkan agar mata tidak silau saat menatap layar ponsel yang terlalu terang, terutama di malam hari. Mode ini juga menjanjikan baterai ponsel tahan lebih lama. Beberapa aplikasi di smartphone bakal mengikuti ketersediaan fitur ini, meskipun di awal-awal pemakaian hanya terbatas pada beberapa aplikasi, seperti galeri dan kalender.

2. Smart Reply

Dengan Smart Reply pengguna tinggal mengklik pada notifikasi pesan masuk dan meresponsnya tanpa harus repot-repot membuka aplikasi.

3. Navigasi Gestur Baru

Selanjutnya, Android 10 memperbaharui navigasi gestur sehingga perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya menjadi lebih mudah dan interaktif. Adapun perpindahan dari satu aplikasi hanya seperti membuka lembar berikutnya saat membaca buku, tanpa perlu menggunakan tombol bantuan untuk pindah aplikasi.

4. Live Caption

Fitur Live Caption akan bekerja pada video, podcast, dan pesan audio dari berbagai macam aplikasi perpesanan. Jika fitur ini diaktifkan, maka caption akan muncul secara otomatis menyesuaikan bahasa di pengaturan ponsel.

5. Kontrol Lokasi

Android 10 memungkinkan pengguna mengatur visibilitas lokasi secara berbeda di tiap-tiap aplikasi, misalnya, aplikasi Maps menampakkan lokasi sedangkan media sosial menyembunyikan lokasi pengguna. Selain itu, update ini memudahkan untuk mematikan dan menghidupkan share location.

6. Fitur Privasi

Pengaturan sistem privasi bakal terletak di satu tempat sehingga pengguna bakal lebih efisien untuk mengatur privasi di tiap-tiap aplikasi. Google juga menyebut bahwa akan ada lebih dari 50 fitur privasi di Android 10 yang disesuaikan sesuai kebutuhan pengguna.

7. Update Lebih Cepat (Project Mainline)

Android 10 menjamin update sistem keamanan akan lebih cepat dan efisien. Sistem akan secara otomatis memberikan tambahan kemanan pada aplikasi lewat Google Play tanpa menunggu produsen atau developer aplikasi tersebut

8. Notifikasi Intuitif

Pengguna hanya akan mendapatkan pemberitahuan dari aplikasi yang diinginkan saja dan dapat diatur sesuai kebutuhan.

9. Focus Mode

Terdapat pengaturan untuk menghentikan aplikasi yang sekiranya dapat mengganggu ketika menjalankan tugas lainnya yang memerlukan konsentrasi tinggi

10. Family Link Update

Android 10 memfasilitsi pengguna dengan akses mudah terhadap aplikasi yang aman bagi keluarga. Selain itu, sistem Android 10 juga mendukung jaringan 5G untuk ponsel android yang telah mengupdate sistem ini.

Baca juga: Daftar Smartphone yang Menerima Update Android 10

Cara Update Android 10

Adapun cara melakukan pembaruan Android 10 untuk perangkat yang mendukung, bisa dilakukan dengan masuk ke opsi System Update yang terletak di menu Setting. Caranya, pilih Setting > System > Advanced > System Update. Jika update Android 10 telah tersedia, maka perangkat akan mengunduh secara otomatis.

Selanjutnya, perangkat akan reboot, atau mati dan menyala lagi, lalu menyelesaikan proses update. Tunggu proses itu hingga selesai atau yang ditampilkan dengan indikator sampai 100 persen.

Ada dua hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan update Android 10.

Pertama, pakai jaringan WiFi lantaran data yang akan diunduh kapasitasnya cukup besar. Kuota data akan berkurang drastis bila menggunakan jaringan seluler. Kedua, pastikan daya baterai setidaknya masih tersedia 50 persen, lantaran proses update lumayan memakan waktu.

Patut diperhatikan bawa jika ponsel mati di tengah-tengah update, maka bisa menimbulkan kerusakan software.

Baca Juga: