Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

1. Berdasarkan Letak Geografis

  • Personal Area Network (PAN) adalah jaringan komputer berdasarkan jangkauan (rentang) geografis yang digunakan untuk komunikasi dengan peralatan komputer lainnya (contoh : printer, modem, handphone, PDA, Bluetooth, dll).
  • Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer milik pribadi yang mencakup data dalam suatu jaringan, sebuah gedung atau kampus, jangkauan dari jaringan komputer LAN berkisar 10 km dan media transmisi pada jaringan komputer ini berupa kabel.
  • Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya teknologi yang digunakan di MAN hampir sama dengan LAN. Perbedaannya adalah luas jangkauan yang dimiliki MAN lebih besar daripada LAN, jangkauan MAN berkisar 10-45 km. Biasanya jaringan ini menggunakan media transmisi dengan mikrogelombang atau gelombang radio. Namun, ada juga yang menggunakan jalur sewa (leased line).
  • Wide Area Network (WAN) jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai, misalnya jaringan yang menghubungkan ATM.

2. Berdasarkan Distribusi

  • Jaringan Terpusat, jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari suatu komputer server.
  • Jaringan Terdistribusi merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer-server yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.

3. Berdasarkan Media Transmisi

  • Jaringan Berkabel (Wired Network), pada jaringan ini untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain di perlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
  • Jaringan Nirkabel (Wireless Network) merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagentik. pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirim sinyal informasi antar komputer jaringan.

4. Berdasarkan Topologi

  • Topologi Ring, setiap komputer dihubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk lingkaran sehingga disebut Ring, topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data.
  • Topologi Bus, jaringan komputer Bus tersusun rapi seperti antrian dan menggunakan cuma satu kabel coacial dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC, dan kedua ujung dari kabel coacial harus diakhiri oleh terminator.
  • Topologi Star, membentuk seperti bintang, karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub/switch pusat dari jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data.
  • Topologi Mesh, pada topologi ini setiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dalam jaringannya menggunakan kabel tunggal, jadi proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer lain ataupun switch atau hub.
  • Topologi Tree, topologi jaringan komputer Tree merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang di hubungkan dengan bus, jadi setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berapa pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontor jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.

5. Berdasarkan Fungsi

  • Client Server, yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih.
  • Peer-to-peer, yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan.

Sumber:

https://pendidikanmu.com/