JENIS-JENIS TEKNOLOGI INTERFACE

JENIS-JENIS TEKNOLOGI INTERFACE

Ilmu Telematika sangat identik dengan sebuah tampilan Interface yang menarik, memberikan kemudahan, modern, dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah jenis-jenis Teknologi Interface dalam Telematika.

1.2.1 HEAD UP DISPLAYS SYSTEM

Merupakan hal yang biasa apabila LCD Projector (Liquid Crystal Display Projector) diarahkan kepada sebuah layar lebar, akan tetapi sangat luar biasa ketika sebuah LCD Projector digunakan untuk memvisualisasikan image ke sebuah layar dome dan monitor visual console. Sedangkan hasil pensinkronan visualisasi image ke layar dome dari LCD Projector adalah sebuah tampilan data atau Interface di Head-Up Display (HUD).

Head-Up Displays Systems atau disingkat (HUD) merupakan tampilan transparan yang menampilkan data tanpa memerlukan pengguna untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari teknologi ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen.

Meskipun pada awalnya Head-Up Display System (HUD) diciptakan untuk penerbangan militer, akan tetapi HUD terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara umum, seperti pengaplikasian pada mobil, motor, kacamata, dan aplikasi lainnya.

Head-Up Display System berfungsi untuk memberikan informasi kecepatan, sudut serangan, posisi, dan keadaan sekitar.

1.2.2 TANGIBLE USER INTERFACE

Tangible User Interface, yang disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media Group. Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu memberikan bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat dimanipulasi dan diamati secara langsung.

1.2.3 COMPUTER VISION

Computer Vision merupakan suatu Ilmu yang mempelajari bagaimana computer dapat mengenali objek yang diamati / di observasi, sehingga dapat menyerupai kemampuan manusia dalam menangkap sinyal visual. Computer Vision bertujuan untuk mendapatkan kualitas citra / image yang lebih baik dengan proses transformasi citra yang didalamnya terdapat proses identifikasi objek untuk mengekstrak informasi / pesan yang disampaikan oleh citra / image.

Terdapat 4 Fungsi Pendukung dalam Computer Vision :

  • Proses Penangkapan Citra / Gambar (Image Acquisition),
  • Proses Pengolahan Citra (Image Processing ),
  • Analisa Data Citra (Image Analysis ),
  • Proses Pemahaman Data Citra (Image Understanding ).