Kesatuan Mahasiswa Kabupaten Bengkalis Malaysia, Siap Wadahi Putra-putri Bengkalis di Malaysia

Kesatuan Mahasiswa Kabupaten Bengkalis Malaysia, Siap Wadahi Putra-putri Bengkalis di Malaysia

Kesatuan Mahasiswa Kabupaten Bengkalis Malaysia, Siap Wadahi Putra-putri Bengkalis di Malaysia

Kesatuan Mahasiswa Kabupaten Bengkalis Malaysia (KMKBM) merupakan organisasi

yang mewadahi mahasiswa asal Bengkalis di Malaysia.

Organisasi ini berdiri pada tahun 2009. Berdirinya organisasi ini karena semakin ramainya mahasiswa asal Bengkalis yang menuntut ilmu di berbagai universitas di Malaysia, seperti di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Universiti Malaysia(UM), Inti Kolej Melaka, Universiti Selangor (Unisel), Universiti Islam Antarbangsa (UIA), Manajemen Sains Universiti (MSU) dan Universiti lainnya di Negeri Jiran Malaysia dengan berbagai jenjang pendidikan.

Ketua KMKBM Muhammad Taufik Alimengatakan tahun 2009 lalu pemerintah Provinsi Riau di era Rusli Zainal

telah menjalin kerjasama di bidang pendidikan dengan salah satu universitas ternama di Malaysia yaitu Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM).

“Ratusan mahasiswa Riau telah belajar, menuntut ilmu di UKM melalui MoU yang dijalin oleh pemerintah daerah. Namun MoU itu berakhir pada era kepemimpinan Annas Ma’amun di tahun 2013. Dampak pembatalan MoU tersebut, berimbas pada calon mahasiswa Riau yang berkeinginan berkuliah di Malaysia. Selain tidak mendapat bantuan lagi para calon mahasiswa yang berkeinginan berkuliah di Malaysia bingung bagaimana proses masuk ke Universitas ternama di Malaysia,”ujarnya, Senin (6/3/2017).

Menyikapi itu, KMKBM telah mengambil inisiatif dan membuka ruang untuk menjadi mediasi kepada seluruh calon mahasiswa

asal Riau khusus Bengkalis yang ingin melanjutkan studi di Malaysia.

“Kita akan selalu siap dan terus berusaha merekrut serta menjadi mediasi teman teman dan adik adik calon mahasiswa baru asal Riau, khususnya putra putri daerah kabupaten Bengkalis,”terang Taufik.

Jika tidak ada aral melintang, imbuhnya, 13 Maret mendatang, KMKBM berencana mensosialisasikan pendaftaran bagi siswa/siswi tamtatan SLTA/sederajat yang ingin melanjutkan kuliah di Malaysia.

“Kita akan sosialisasikan ke sekolah sekolah melewati poster dan brosur dari beberapa kampus di Malaysia, dan bagi yang berminat silahkan kontak pengurus KMKBM yang kami lampirkan nanti,”tutup Taufik

 

Baca Juga :