Klasifikasi Ikan Nila Gift Menurut Para Ahli

Klasifikasi Ikan Nila Gift Menurut Para Ahli

Klasifikasi ikan nila Gift

Klasifikasi ikan nila Gift

Menurut klasifikasi yang terbaru ( 1982 ) nama ilmiah ikan nila ialah oreochromis niloticus. Nama  oreochromis menurut klasifikasi yang berlaku sebelumnya di sebut tilapia. Perubahan klasifikasi tersebut dipelopori oleh Dr, Trewavas ( 1980 ) dengan membagi Genus Tilapia menjadi tiga genus berdasarkan prilaku kepedulian induk terhadap telur dan anak–anaknya. Golongan ikan ini memiliki sifat yang unit setelah memijah. Induk betina mengerami telur-telur yang telah di buahi di dalam rongga mulutnya. Perilaku ini biasa di sebut juga dengan istilah mouth breeder ( pengeraman telur dalam mulut ).

Ide Dr. Trewaves telah di sepakati oleh ahli ikan sehingga pembagian genus itu adalah sebagai berikut ;

Genus Oreochromis

Pada Genus Oreochromis induk ikan betina mengerami telur di dalam rongga mulut dan mengasuh sendiri anak–anaknya. Anggota genus ini adalah  Oreochromis hunteri, Oreochromis niloticus, Oreochromis mosambicus, Oreochromis aureus, dan  Oreochromis spilurus

Genus Sarotherodon

Pada Genus Sarotherodon induk jantanlah yang mengerami telur dan mengasuh anaknya. Contohnya adalah Sarotherodon  melanotherodon dan Sarotherodon galilaeus.

Genus Tilapia

Ikan dalam Genus Tilapia memijah dan menaruh telurnya pada suatu tempat atau benda induk jantan dan betina bersama–sama atau bergantian menjaga telur dan anak–anaknya .Contohnya Tilapia Spermanii, Tilapia rendalli, Tilapia zilli.

Klasifikasi dari ikan nila itu sendiri adalah sebagai berikut :

  1. Filum                  : Chordata
  2. Sub Filum           : Vertebrata
  3. Kelas                  : Osteichthyes
  4. Sub kelas            : Acanthopthrii
  5. Ordo                   : Percomorphii
  6. Sub ordo            : Percoidea
  7. Famili                 : Cichlidae
  8. Genus                 : Oreochromis
  9. Jenis                   : Oreochromis niloticus

Setiap species memiliki ciri–ciri khas, pada ikan  nila adalah garis vertical yang bewarna gelap di sirip ekor sebanyak enam buah. Garis vertical itu juga terdapat pada sirip punggung dan siri[ dubur. Sedangkan ikan mujair tidak mempunyai garis–garis vertical di ekor, sirip punggung dan sirip dubur ( Suyanto 1994 ).

 

Sumber : https://dcc.ac.id/blog/cara-menanam-bibit-buah-naga/