Memperingati Hari Pahlawan, Kemendikbud Gelar Pameran Sejarah Sang Merah Putih

Memperingati Hari Pahlawan, Kemendikbud Gelar Pameran Sejarah Sang Merah Putih

Semarakan Peringatan HGN 2017, Kemendikbud Gelar Kegiatan Kreativitas dan Apresiasi GTK

Kemendikbud — Memperingati Hari Pahlawan pada setiap tanggal 10 November

, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar pameran yang bertemakan “Sang Merah Putih: Sejarah dan Maknanya. Pameran kesejarahan yang dibuka untuk umum ini berlangsung dari tanggal 10-14 November 2017 pada pukul 08.00 sampai dengan 16.00WIB.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud (Dirjenbud), Hilmar Farid

mengatakan bahwa setiap tanggal 10 November kita merayakan Hari Pahlawan untuk memperingati pengorbanan para pejuang yang berguguran selama pertempuran-pertempuran lain sepanjang sejarah Perang Kemerdekaan.

“Kita perlu merawat ingatan sejarah atas tindakan para peletak dasar negara Indonesia merdeka”, kata Hilmar dalam sambutan pembukaan pameran sejarah di Plaza Insan Berprestasi Kantor Kemendikbud Jakarta, (10/11/2017).

Pameran ini terbuka untuk umum, menyajikan materi berupa foto –foto para Pahlawan

dan koleksi foto kejadian – kejadian penting, cover surat kabar, buku-buku koleksi Arsip Nasional RI dan Perpustakaan Nasional RI.

Kegiatan yang menjadi langkah positif ini ditempuh dalam rangka meningkatkan pemahaman, penghayatan dan wawasan seluruh pengunjung pameran khususnya dan masyarakat luas dalam konteks karakter kebangsaan, serta memuliakan simbol-simbol kebangsaan.

Di dalam pameran ini masyarakat dapat melihat, membaca serta menyadari bagaimana Sang Merah Putih yang telah hadir dalam waktu yang lama dan juga telah disikapi sebagai bagian panjang Indonesia. (Hikmah/Anandes)

 

Sumber :

https://sel.co.id/