Pengertian Kecerdasan Moral Menurut Para Ahli

Pengertian Kecerdasan Moral Menurut Para Ahli

Pengertian Kecerdasan Moral Menurut Para Ahli

Kecerdasan Moral

Pengertian Kecerdasan Moral Menurut Para Ahli- Pada dasarnya kecerdasan daapt dilihat sebagai suatu kemampuan seseorang yang menguasai kemampuan tertentu atas berbagai macam kemampuan dan ketrampilan.

Salah satunya adalah kecerdasan moral. Apa itu kecerdasan moral? yaitu kemampuan seseorang untuk membedakan antara benar dan salah berdasarkan rasa yang kuat dari etika dan menempatkan mereka ke dalam tindakan.

Pengertian Kecerdasan Moral Menurut Para Ahli

Menurut Wikipedia

Kecerdasan moral adalah kemampuan seseorang untuk membedakan antara benar dan salah berdasarkan rasa yang kuat dari etika dan menempatkan mereka ke dalam tindakan.

Menurut Definisi Jelajahinternet

Kecerdasan moral adalah kemampuan seseorang dalam membedakan sesuatu yang benar atau salah atas dasar etika dalam menempatkan mereka ke sebuah tindakan.

Pembangunan Kecerdasan Moral

Ada tujuh langkah utama untuk membangun kecerdasan (kecerdasan) item orang moral, yaitu:

Mengembangkan empati (perasaan apa yang terjadi dengan orang lain secara mendalam), yaitu dengan membentuk kesadaran emosional dan kosa kata, meningkatkan kepekaan terhadap orang lain, dan Mampu memahami hal-hal dari perspektif orang lain.
Tumbuh nurani (teguran dalam diri seseorang ketika membuat kesalahan), yaitu dengan membentuk orang yang bermoral, manfaat untuk Memperkuat ajaran nurani, dan membantu seseorang untuk membedakan apa yang benar dan apa yang salah.
Menumbuhkan kontrol diri, yang yang mengutamakan yang Dianggap benar, selalu berusaha untuk menjadi motivator bagi dirinya sendiri, dan berpikir hati-hati sebelum membuat keputusan.
Mengembangkan menghormati orang lain (respect), adalah untuk memberikan contoh menghormati orang lain dan memberikan sopan santun pendidikan.

Menjaga baik (menunjukkan kekhawatiran tentang perasaan orang lain), yang yang mengajarkan nilai dan makna kebaikan, mengembangkan toleransi, serta mendorong orang untuk selalu berbuat baik.
Mengembangkan sikap toleransi, yaitu dengan menghormati hak dan kewajiban orang lain dengan menanamkan apresiasi keanekaragaman, dan tidak mudah untuk memiliki bias (prasangka) hal tertentu akan.
Mengembangkan keadilan, dengan mengembangkan sikap terbuka dan berperilaku secara seimbang, tanpa diskriminasi apapun.

Baca Juga :