SMPN 1 Bogor Jadi Rujukan Kepsek di Papua

SMPN 1 Bogor Jadi Rujukan Kepsek di Papua

SMPN 1 Bogor Jadi Rujukan Kepsek di Papua

SMP Negeri 1 Kota Bogor menerima kunjungan dari Papua. Tak tanggung, ada dua sekolah negeri di Merauke

yang berguru ke Bogor untuk belajar tentang tata kelola sekolah dan mempelajari soal kurikulum pendidikan yang selama ini diterapkan SMP Negeri 1 Kota Bogor. Rencananya, selama seminggu dua kepsek itu akan belajar di Kota Bogor.

Kepala SMP Negeri 1 Kota Bogor, Sri Sugiarti yang menerima kunjungan dua kepala sekolah itu pun memaparkan terkait program kerja, juklak dan juknis program pendidikan berdasarkan kurikulum yang berlaku. Menurutnya, salah satu konsep yang diterapkan yakni dengan cara disipin terhadap program kerja yang telah disusun.

“Kuncinya satu, jangan menganggap remah program kerja yang akan kita susun. Karena,

satu saja program itu tidak terlaksana, rasanya sakit hati kita. Sebab, menyusun rencana itu juga nggak main-main,”terangnya,

Ia pun membocorkan soal strategi membuat para siswa berprestasi. Baik di tingkat regional maupun nasional dan internasional. Salah satu contoh yang dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Bogor, dengan menggandeng orang tua murid yang potensial.

“Jadi ada salah satu orang tua siswa mampu membuat cerita pendek (cerpen), kita bantu cerpen itu menjadi sebuah buku dan orang tua tersebut, kita jadikan sebagai narasumber, untuk siswa siswi SMP Negeri 1 Kota Bogor, bagaimana cara menulis dan membuat cerita pendek yang baik dan benar “ papar Sri.

Selain mempelajari mengenai proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Kota Bogor

, ke dua Kepala Sekolah dari Papua ini, juga akan diperkenalkan dengan suasana Kota Bogor, kultur kebudayaan masyarakat Bogor, serta dibawa ke beberapa obyek wisata pendidikan di Kota Bogor, diantaranya mengunjungi Kebun Raya Bogor, mengenal kampus IPB, serta mengenal Lawang Salapan, sebagai ikon baru Kota Bogor. “Usai mengikuti pembelajaran di SMP Negeri 1 Kota Bogor, ke 2 Kepala SMP Negeri dari Marauke ini, wajib untuk mengiplementasikan hasil pembelajarannya di SMP Negeri 1 Kota Bogor di wilayahnya. Harapanya tentu apa yang sudah kami lakukan bisa dicontoh,”tandasnya.

 

Baca Juga :